Cara membuat mie instan agar lebih lezat dan bergizi

Mie Instan biasanya dikategorikan oleh masyarakat Indonesia sebagai makanan penunjang disaat darurat. Contohnya, orang cenderung makan mie instan pada saat tidak ada waktu memasak, akhir bulan, sudah terlalu malam sebagai pengganti makanan pokok. Hal tersebut dilakukan karena sebagian orang sudah mengerti bahwa mie instan mempunyai kandungan nutrisi yang sedikit bahkan tergolong makanan yang berbahaya jika dimakan setiap hari dan mempunyai efek jangka panjang yang buruk untuk kesehatan.

Oleh karena sebab tersebut, saat mengkonsumsi mie instan supaya menjadi lebih bergizi dan bernutrisi, perlu adanya tambahan-tambahan asupan makanan lain.

Mi instan seringkali disebut-sebut memiliki kandungan nutrisi yang minim. Maka dari itu, saat mengonsumsi mi instan Anda pun dianjurkan untuk menambahkan asupan bergizi lainnya.

Menurut pakar nutrisionis dari Universitas Indonesia, menambahkan sayur-sayuran kedalam mie instan menambah kebutuhan gizi kita. Selain itu ada telur sebagai tambahan protein tubuh kita. Selain itu, sebaiknya menggunakan bumbu mie instan separuh saja agar tidak terlalu asin dan mengurangi kandungan msg yang dimakan.

Pakar nutrisi Jansen Ongko, Msc, RD juga membenarkan jika campuran bahan lain yang mengandung vitamin, mineral dan serat bisa memberikan nutrisi tambahan saat anda mengkonsumsi mie instan. Sebagai contoh sayuran yang baik dan cocok digunakan untuk tambahannya yaitu wortel, sawi, tomat dan lain sebagainya. Anda juga dapat menambahkan sumber protein selain telur seperti ikan, tempe, tahu dan daging.

Baca Juga :   mau awet muda? lakukan olahraga ini setiap hari

Tujuan penambahan bahan-bahan tersebut sendiri yaitu untuk memenuhi kebutuhan energi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti kebutuhan lemak, vitamin, protein dan serat. Namun, sebagian masyarakat indonesia justru ada yang menambahkan nasi kedalam mie instan. Hal ini justru menjadikan penumpukan karbohidrat yang berlebih yang dapat memicu terjadinya obesitas.

Nah, setelah tau bagaimana cara menambah nutrisi serta kandungan gizi ketika mengkonsumsi mie instan, yuk kita berusaha membentuk pola makan hidup sehat untuk kelangsungan hidup yang lebih baik serta menunjang kesehatan kita di masa yang akan datang

 

Adakah cara membuat mie instan jadi lebih sehat?

Bagi kebanyakan orang, mie instan seringkali dijadikan makanan yang bersifat segera dan bahkan makanan yang membuat nyaman. Rasanya gurih dan cara membuatnya yang sederhana makin membuat mie instan digemari banyak orang.

Tapi, tak sedikit pula yang mengeluh merasa ‘berdosa’ setelah mengonsumsinya, baik karena kandungan MSG di dalamnya, maupun karena persepsi negatif mie instan di masyarakat.

Baca Juga :   10 Makanan Yang Dapat Membantu Tumbuh Kembang Otak Anak

Apapun alasannya, Anda bisa menghilangkan rasa bersalah saat mengonsumsi mie instan dengan 5 cara membuat mie instan berikut agar jadi lebih menyehatkan.

1. Tambahkan sayur

Salah satu cara membuat mie instan jadi lebih sehat adalah menambah sayur mayur ke dalamnya. Siapkan berbagai sayuran seperti sawi hijau, wortel, atau jamur. Perhatikan porsi sayuran yang akan ditambahkan.

Anda perlu menambahkan sekitar 100 gram sayuran (belum dimasak) untuk satu bungkus mie instan. Semakin banyak jenis sayuran yang Anda digunakan maka akan membuat mie instan semakin sehat.

2. Tambahkan sumber protein

Selain sayuran, Anda juga wajib menambahkan bahan makanan sumber protein seperti ayam, telur, bakso atau ikan.

Mengingat mie instan hanya menyediakan sumber karbohidrat saja, maka menambahkan satu porsi (80-100 gram protein) makanan sumber protein akan membuat mie instan Anda lebih sehat.

Selain dua cara membuat mie instan lebih sehat tadi, Anda juga bisa membuat bumbu sendiri.

  1. Buat bumbu sendiri

Memang betul, bumbu yang disediakan oleh produsen mie instanlah yang memberikan kelezatan tersendiri pada mie instan.

Namun, di dalam bumbu tersebut jugalah kandungan MSG cukup banyak. Untuk mengurangi konsumsi MSG, Anda bisa menggunakan bumbu sebanyak setengah saja. Untuk memperkaya rasa, tambahkan bumbu dapur seperti bawang putih dan minyak wijen.

Baca Juga :   Bagaimana Cara Meningkatkan Daya Ingat Supaya Jarang Lupa?

 

ShareShareShareShare

Terkadang anak merengek ingin makan mie instan

4. Kreasikan

Memasak mie instan sesuai petunjuk kemasannya memang menjadi pilihan terbaik. Namun, mengkreasikan mie instan menjadi masakan lezat lainnya juga tak kalah baik.

Apalagi bila Anda menambahkan sayuran, sumber protein atau bahan makanan lain yang menambah rasa mie instan. Anda bisa membuat kroket mie atau martabak mie sayur.

Mie instan dicap buruk karena banyaknya MSG serta lapisan lilinnya. Bila Anda ingin memakannya, ikuti 5 cara membuat mie instan jadi lebih sehat berikut.

5. Batasi konsumsinya

Meskipun Anda sudah menambahkan sayur dan sumber protein, Anda tetap harus membatasi konsumsinya. Mengonsumsi makanan yang sama dalam waktu lama akan merugikan kesehatan Anda.

Sebab, tubuh otomatis tidak mendapatkan zat gizi lain selain yang ada di dalam mie instan. Padahal tubuh tetap membutuhkan zat gizi yang beragam untuk menjalankan semua fungsinya.

Parents, itulah kelima cara membuat mie instan agar lebih bergizi.

Share This:

Leave a Reply