Cara menjaga kesehatan ketika musim hujan datang

Cara menjaga kesehatan ketika hujan datang : Indonesia memiliki 2 musim yaitu musim hujan dan kemarau. Hal ini dikarenakan Indoneesia dilewati oleh garis khatulistiwa. Garis ini membentang keseluruh bagian bumi dan membaginya menjadi dua bagian. Daerah disekeliling garis khatulistiwa (23,5oLU – 23,5oLS) adalah daerah tropis yang memiliki 2 musim yaitu hujan dan kemarau. Beda halnya dengan negara yang jauh dari garis khatulistiwa, mereka mempunyai lebih banyak musim. Contohnya yaitu negara-negara eropa, australia dan amerika. Mereka memiliki 4 musim yaitu musim dingin, semi, gugur, dan panas.

Curah hujan yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini begitu dominan, bahkan hampir tiap hari di bulan januari-februari hujan turun tiap harinya. Bahkan di sebagian wilayah Indonesia sempat terjadi banjir.

Baca Juga :   Delapan Manfaat Pijat Refleksi Bagi Tubuh Anda

Hujan setiap hari akan mengganggu stamina tubuh kita jika tidak diimbangi dengan pola sehat kita. Hujan dapat menimbulkan banyak penyakit, hal itu terjadi bisa karena adanya genangan air/banjir yang diakibatkan curah hujan yang tinggi. Banyak masyarakat yang rentan terkena penyakit seperti diare, penyakit kulit, demam berdarah, tifus, leptospirosis dsb.

Tetaplah menjaga kesehatan tubuh anda jika terjadi hujan setiap harinya dan jagalah kebersihan lingkungan anda supaya tidak terjadi banjir. Berikut ini adalah cara menjaga kesehatan ketika musim hujan datang.

  1. Berolahragalah setiap hari minimal 10-15 menit. Hal tersebut mampu membangkitkan sel leukosit yang berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh kita.
  2. Manajemen Stress. Seseorang jika mengalami stress berkepanjangan akan mempengaruhi terhadap kesehatan tubuh kita. Orang yang banyak mengalami stress dapat membuat daya tahan tubuh seseorang menurun.
  3. Tidur yang cukup: menjaga kebutuhan tidur anda agar tetap terjaga sangat penting untuk menjaga kesehatan anda. Biasakan tidur jangan terlalu malam, janganlah begadang jika tidak ada kebutuhan yang sangat penting.
  4. Sarapan: Sarapan sebelum jam 9 pagi dapat memenuhi kebutuhan energi anda untuk aktifitas harian. Sarapan pagi dengan memenuhi kebutuhan gizi yang pas dan optimal sangat membantu anda untuk melewati hari-hari supaya lebih semangat dan meningkatkan kecerdasan otak anda.
Baca Juga :   cara meninggalkan stress dikantor sebelum pulang ke rumah

 

 

Baca Juga :

Tips Menjaga pola makan hidup sehat

4 ciri anak yang terkena sindrome hedonisme

Share This:

Leave a Reply