10 Makanan Yang Dapat Membantu Tumbuh Kembang Otak Anak

Makanan yang bergizi bukan hanya baik untuk tubuh anak. Hal tersebut juga berpengaruh terhadap tumbuh kembang otaknya. Makanan yang tepat dapat meningkatkan fungsi otak, daya ingat, dan konsentrasi. Seperti halnya tubuh, otak juga menyerap nutrisi dari makanan apa yang anak makan. Dan inilah 10 makanan yang baik untuk tumbuh kembang otak anak.

 

  1. Salmon

Ikan yang berlemak, seperti salmon sangat baik sumber lemak omega 3 nya untuk kebetuhan pertumbuhan otak dan fungsi otak. Mendapatkan “lemak baik” yang cukup juga dapat membantu meningkatkan kemampuan mentalnya.

Berikut contoh cara makanannya: daging salmon yang telah di kukus atau digoreng (usahakan jngn terlalu lama) lalu dimasukan kedalam roti dan diisi dengan mayonaise atau bahan lainnya sesuai selera. Hidangan ini juga cocok untuk bekal anak disekolah.

 

  1. Telor

Telor adalah sumber protein yang bagus, kuning telor mengandung senyawa kolin. Kolin termasuk nutrien esensial yang dikategorikan kedalam kelompok vitamin B. Kolin mempunyai segudang fungsi penting seperti menyusun membran sel yang berguna untuk membangun daya ingat.

Cobalah membuat telor dadar atau mata sapi dicampur dengan berbagai macam sayuran atau telor rebus dan kombinasikan dengan beberapa daging serta hidangan lainnya.

 

  1. Selai Kacang

Anak-anak pasti suka dengan yang namanya selai kacang, tahukah anda sejak selai kacang mempunyai kandungan vitamin E, menjadikan selai kacang adalah snak yang sehat. Mempunyai antioksidan yang berfungsi melindungi membran saraf, juga mempunyai tiamin yang baik untuk tumbuh kembang otak anak, dan juga mengandung glukosa yang berfungsi untuk memberikan energi.

Baca Juga :   Tips Mudah Pola Makan Hidup Sehat Untuk Diet

Anda bisa menyajikan snak sehat ini dengan mengkombinasikannya dengan roti untuk bekal jajan anak disekolah. Anak senang, ibu tenang.

 

  1. Gandum

Roti gandum dan sereal mempunyai glukosa yang menjadikannya sebagai sumber energi otak. Gandum mengandung vitamin B yang sangat bagus untuk sistem syaraf kita.

 

  1. Oats/Oatmeal

Oat dan oatmeal adalah sumber energi bahan bakar yang sangat bagus untuk otak. Oats terbungkus dengan serat yang membantu anak untuk merasa kenyang dan akhirnya mereka tidak memakan snak atau Junk food. Oat dan oatmeal juga mengandung vitamins E,B kompleks dan zinc untuk membantu otak bekerja dengan baik

Oatmeal dapat menjadi bahan dasar untuk semua toping seperti pisang, apel, blueberry bahkan almond.

 

  1. Buah Berry

Berry dapat membantu meningkatkan daya ingat dan mengandung vitamin c serta antioksidan. Biji dari buah berry juga mengandung lemak omega 3 yang dapat membantu memaksimalkan fungsi otak. Cobalah lihat strawberry, cherry, bluberry, dan blackberry. Semakin pekat warna nya, semakin banyak nutrisi yang mereka punya.

Baca Juga :   Sembuh Penyakit dengan Pijat Refleksi Penyembuhan

Berry dapat dijadikan smoothies atau snack kesehatan bahkan cocok untuk hidangan penutup.

 

  1. Kacang-kacangan

Kacang sangat baik untuk hati juga baik untuk tumbuh kembang otak anak. Selain mempunyai energi protein, karbohidrat komplek, serat, vitamin dan mineral, kacang dapat menjaga energi agar tubuh tetap dalam kondisi prima. Kacang merah dan kacang pinto salah satu contoh kacang yang bagus untuk dikonsumsi. Mereka mengandung lebih banyak lemak omega 3 dibandingkan jenis kacang lainnya, yang mana penting untuk pertumbuhan dan fungsi otak.

Tambahankan kacang sebaik toping salad, atau sebagai campuran bungkus daun selada bahkan bisa menanmbahkannya kedalam spageti atau makanan nutrisi lainnya

 

  1. Sayur Sayuran

Sayuran dengan banyak warna adalah sumber antioksidan yang sangat baik untuk tetap menjaga sell otak sehat. Beberapa sayuran seperti tomat, kentang, labu, wortel atau bayam. Sangat mudah bukan mengolahnya menjadi soup atau jenis berbagai macam sayuran lainnya.

 

  1. Susu & Yoghurt

Vitamin B sangat penting untuk tumbuh kembang otak anak, neurotransmitter, enzim dan susu adalah sumber yang bagus untuk nutrisi ini. Susu rendah lemak atau yoghurt adalah sumber bagus protein dan karbohidrat otak. Susu juga mengandung sumber vitamin D, yang mana anak anak dan para remaka membutuhkannya untuk tumbuh kembang menjadi dewasa.

Baca Juga :   Tips Bersepeda Aman dan Nyaman Untuk Perempuan

Keju rendah lemak cocok untuk snak dan bagus juga sebagai sumber kalsium.

 

  1. Daging Sapi Tanpa Lemak (atau Daging Sebagai Alternatif)

Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber zat besi.Yang mana hal tersebut membantu anak menjaga energinya dan fokus di sekolah. Selain itu daging juga kaya akan zinc yang dapat membantu daya ingat. Anak-anak yang tidak suka daging, bisa mendapatkan zat besi tersebut di dalam kacang hitam dan kacang kedelai. Kacang mempunyai zat besi nonheme yang dibutuhkan vitamin C untuk menyerap. Panggang daging tanpa lemak tersebut supaya lebih lezat dan menyehatkan.

 

Selamat mencoba dan salam hidup sehat.

 

BACA JUGA :

Tips Pola Makan Hidup Sehat Untuk Diet

Meningkatkan Daya Ingat Agar Jarang Lupa

Memperoleh tubuh langsing tanpa diet

cara membuka aura wajah untuk kecantikan alami

Tips menjaga kebugaran tubuh anda dari penyakit

Cara Meningkatkan Kecerdasan Dengan Pijat Refleksi

Cara Memijat Wajah Agar Cerah Setiap Hari

Delapan Manfaat Pijat Refleksi Untuk Tubuh Anda

Sembuh Penyakit Dengan Pijat Refleksi Penyembuhan

Share This:

Leave a Reply