makanan penyebab kanker : Hati-hati dengan makanan ini

Makanan penyebab kanker : Jika anda ingin mengurangi faktor risiko terhadap penyakit kanker, anda juga harus memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh anda.

makanan penyebab kanker
makanan penyebab kanker

Akhir-akhir tahun ini, mendapatkan makanan begitu mudah dibandingkan jaman dahulu. Mau makan ini dan itu serba gampang, namun cukup sulit juga untuk memilih makanan yang memang benar-benar sehat. Hal ini dikarenakan tingginya polusi yang menyebabkan makanan sehat menjadi tidak sehat. Disamping itu, banyaknya olahan makanan indonesia menyebabkan kita tidak tahu mana makanan yang merupakan penyebab kanker dan mana yang bukan. Untuk itu, kita harus mengenali terlebih dahulu jenis-jenis makanan penyebab kanker.

Terlalu banyak gula buatan, makanan yang kurang matang secara sempurna  serta menggunakan minyak jelantah (minyak yang dipakai goreng berulang-ulang kali) merupakan salah satu penyebab terjadinya kanker. Lalu bagaimana cara menghindari makanan olahan tersebut?

Baca Juga : Pola makan hidup sehat seperti ini

Menurut ketua Yayasan Kanker Indonesia, Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, SppD, K-HOM, makanan jenis fast food, minyak untuk menggorengnya seharusnya digunakan hanya dua kali. Apabila minyak goreng tersebut digunakan lebih sampai berhari-hari maka minyak goreng tersebut akan dapat merusak sel tubuh kita.

jenis makanan apa saja sih yang dapat menyebabkan kanker?

  1. Donat
Baca Juga :   manfaat sarapan pagi : Inilah yang terjadi jika anda tidak sarapan pagi

Donat jika dilihat dari cara pengolahannya adalah salah satu jenis makanan yang mengandung karbohidrat (tepung), gula, dan minyak. Tiga jenis bahan pemicu kanker yang tergabung dalam satu jenis makanan. Padahal, donat merupakan makanan yang sangat digemari oleh banyak orang mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

  1. Daging bakar 

Daging yang dibakar tergolong salah satu jenis makanan penyebab jika tidak  diolah secara tidak dan dapat menimbulkan zat-zat kanker yang berakibat buruk untuk tubuh. Selain itu, daging bakar juga tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Ditambah lagi jika daging tersebut terbakar dan menjadi gosong diakibatkan arang atau yang lainnya.

  1. Kentang goreng

Kentang goreng rupanya tergolong makanan yang membahayakan tubuh. Meskipun banyak sekali penggemar kentang goreng. Namun, kenyataannya kentang goreng bisa mengancam kehidupan orang-orang yang mengkonsumsinya,terlebih jika dikonsumsi setiap hari.

Baca Juga : menyembuh kan penyakit hanya dengan pijat refleksi

  1. Aneka daging olahan (sosis, cornet, nugget, dll)

Daging olahan ternyata juga berbahaya, hal ini disebabkan pada daging olahan terdapat kandungan natrium nitrit yang dapat membentuk nitrosamin pada tubuh dan memicu sel-sel kanker. Mengapa pada daging olahan menggunakan natrium nitrit? Ya, Natrium nitrit merupakan zat tambahan pangan yang digunakan sebagai pengawet pada pengolahan daging.

  1. Snak ringan kemasan
Baca Juga :   Khasiat Nanas Madu Dapat Turunkan Kolesterol

Bukan hal yang mengagetkan lagi. Makanan ringan yang tersebar di berbagai macam toko dan supermarket menjadi salah satu pemicu penyakit kanker. Hal ini disebabkan makanan tersebut mengandung MSG. Selain MSG, makanan tersebut juga mempunyai kandungan bahan pengawet. Terlalu banyak MSG yang mengendap didalam tubuh juga merupakan salah satu penyebab kanker otak. Mulai dari sekarang kurangilah konsumsi makanan ringan.

Baca Juga : Cara hidup sehat dan sukses dengan gampang dan mudah

  1. Makanan Kaleng

Seringkali kita melihat di minimarket dan wholemarket ada makanan kaleng yang dapat dikonsumsi. Makanan kaleng tersebut rupanya menjadi salah satu makanan penyebab kanker berbahaya. Memang pada dasarnya produsen sudah mempunyai prosedur atau SOP bagaimana makanan tersebut dapat tersimpan dengan baik serta tidak berbahaya bagi tubuh. Namun tentunya semua itu ada waktunya. Bagaimanapun makanan yang tersimpan dalam kaleng akan mengalami perubahan kandungan zat gizi nya, sehingga sebaiknya anda mengurangi konsumsi makanan kaleng. Jika memang anda terpaksa harus mengkonsumsi makanan kaleng, jangan lupa meilhat kemasan tanggal kadaluarsanya ya.

  1. Buah dan Sayur yang terkena pestisida

Buah dan sayur yang tercemar oleh pestisida dapat menyebabkan terjadinya kanker. Kandungan  pestisida sendiri seperti racun yang dapat meningkatkan hormon hormon yang menyebabkan tubuh menjadi tidak sehat. Selain itu, dengan adanya hal tersebut sel-sel tubuh juga akan mengalami kerusakan karena buah dan sayur yang mengandung pestisida. Oleh sebab itu, pentingnya mencuci bersih buah dan sayur merupakan hal yang wajib sebelum anda konsumsi hal tersebut agar memperkecil resiko tubuh tercemar oleh pestisida.

  1. Tepung terigu
Baca Juga :   Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak Dengan Refleksi Kecerdasan

Tepung terigu adalah salah satu jenis bahan makanan yang mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi. Jika Anda ingin mengurangi resiko terkena kanker, mulailah mengurangi makan-makanan yang terbuat dari tepung terigu. Karbohidrat yang terkandung di dalam tepung terigu bisa memicu kadar gula darah pada tubuh, yang mana peningkatan kadar gula ini bisa memicu sel tumor dan kanker berkembang semakin pesat terutama  kanker usus, kanker lambung dan kanker hati.

Baca juga : penyakit kanker sembuh dengan terapi bioenergi

Demikianlah 8 makanan penyebab kanker yang  bisa kita hindari. Semoga artikel ini semakin meningkatkan kewaspadaan kita terhadap apa yang kita makan dan mempunyai dampak yang bagus untuk tubuh kita. Semakin banyak bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh kita, maka resiko terkena penyakit kanker lebih besar.

Share This:

Leave a Reply