Manfaat buah salak dan pepaya yang baik untuk pencernaan

Manfaat buah salak dan pepaya yang baik untuk pencernaan

Pepaya, buah yang sangat mudah dicari dipelosok negeri ini. Disamping rasanya yang lezat dan mengenyangkan, pepaya mempunyai segudang manfaat untuk pencernaan serta merupakan salah satu sumber alami vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Berbagai cara pengolahannya pun bermacam-macam, buah yang matang biasanya langsung dijadikan santapan serta desert. Sedangkan pada saat belum matang bisa diolah menjadi sayur dsb.

Pepaya mempunyai manfaat yang semua orang hampir tau yaitu untuk melancarkan pencernaan. Kandungan  serat pangan dan berbagai senyawa fitokimia termasuk likopen dan polifenol dapat melancarkan sistem pencernaan. Pepaya mengandung berbagai macam vitamin seperti beta karoten, B1 (Tiamina), Provitamin A karotenoid, B3 (Niacin). B2 (Riboflavin), B5 (Asam Pantotenik, B9(folat, B6, K, e dan vitamin C nya hampir mencapai 100% kebetuhan harian yang dianjurkan. Bahkan buah jeruk dan lemon kalah tinggi vitamin C nya dengan pepaya.

Baca Juga :   Dampak kolesterol tinggi, kira kira apa saja sih

Nah, mungkin hampir semua orang tau apa manfaat buah pepaya. Tapi tahukah anda disamping buah pepaya, makanan yang banyak mengandung serat lainnya yang tak kalah bagusnya dengan pepaya yaitu buah salak. Salak mengandung serat yang tidak kalah baik dengan pepaya untuk melancarkan sistem pencernaan. Buah salak mempunyai kandungan nutrisi yang cukup tinggi seperti  flavonoida, tanin, saponin dan kalsium. Di dalam setiap 100 gr salak, mengandung karbohidar (20,9g), fosfor (18 mg), vitamin B (0,04 mg), zat besi ( 4,2 mg), Vitamin C (2 mg), karbohidrat (20,9 gr), protein (0,40 gr), kalori (77 kal) dan air (780 mg)

  • Membantu Program Diet

    Kandungan serat yang tinggi padasalak dapat meberi efek kenyang lebih lama, sehingga  menghindari anda dari mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Buah salak baik dikonsumsi oleh anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan.

  • Mencegah Sembelit

    Selain berfungsi untuk kesehatan mata buah salak karena diperkaya antitanin dan muncul berbagai macam mitos yang mengatakan jika memakan buah salak terlalu banyak dapat mengakibatkan susah BAB atau sembelit, maka anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Karena menurut F.X. Wahyurin Mitano, seorang ahli gizi dari RSUD dr Soetomo, ketika Anda memakan buah salak maka jangan buang kulit arinya,

    karena kulit ari tersebut mengandung serat yang dapat mengurangi sembelit.

cukup bagus bukan jika kita tahu manfaat buah salak dan pepaya. hal ini bisa menjadi rujukan anda untuk memiliki berbagai macam buah tetapi manfaatnya sama.

Share This:

Leave a Reply