Manfaat kayu manis dan khasiatnya menurunkan diabetes

Manfaat kayu manis: kayu manis dipercaya sebagi obat herbal untuk mengatasi penyakit diabetes. Hal ini dipaparkan langsung oleh dr. Abrijanto SB, MSI. Lalu apa saja sih kandungan yang terdapat pada kayu manis tersebut?

Manfaat kayu manis dan khasiatnya menurunkan diabete

Kayu manis merupakan salah satu tumbuhan yang mengandung 65 hingga 80% Cinnamldehyde dan eugenol yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas insulin, sehingga dapat bekerja mengantarkan gula ke dalam sel. Dari berbagai penelitian diketahui kayu manis mempunyai potensi mengurangi penyerapan glukosa sesudah makan dengan cara menghentikan aktivitas enzim yang terlibat dalam metabolisme karbohidrat. Potensi kayu manis lainnya yaitu mencegah pemecahan gula, serta meningkatkan sirkulasi hormon insulin. Hormon insulin ini berperan sangat penting merubah glukosa menjadi energi.
baca juga : manfaat buah salak untuk pencernaan kita

Baca Juga :   5 Alasan Kamu Harus Berhenti Melakukan Diet

Eugenol yang terkandung dalam kayu manis juga mempunyai antioksidan yang menunjukan tanaman ini mempunyai efek anti mikrobial terhap beberapa jenis bakteri. Walaupun kayu manis sendiri mempunyai berbagai macam kelebihan. Namun jangan mengkonsumsinya secara berlebihan, harus sesuai aturan. Karena pada tubuh seseorang mempunyai efek yang berbeda beda apalagi jika ada seseorang yang memiliki riwayat gangguan hati.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kayu manis :

baca juga : ternyata ini rahasia khasiat di balik nanas madu yang sedang heboh

  1. Mengontrol gula darah
    Kayu manis memiliki antioksidan yang dapat membantu mengatur tingkat gula darah. Kayu manis juga membantu proses pencernaan dan membantu proses perbaikan respon insulin diabetes tipe-2. Konon, 1 gram kayu manis dipercaya dapat menurunkan kolesterol buruk, triglycerides, gula darah, dan kolesterol pada pasien diabetes.
  2. Anti Infeksi
    Kayu manis memiliki kandungan anti infeksi alami. Dalam beberapa penelitian, kayu manis terbukti ampuh menghilangkan bakteri H. Pylori yang bisa menyebabkan sakit maag, dan beberapa jenis penyakit lainnya yang disebabkan bakteri.
  3. Memaksimalkan kerja otak
    Hanya dengan mencium bau kayu manis saja diketahui dapat meningkatkan kerja otak. whfoods.com juga menerangkan bahwa bau kayu manis dapat meningkatkan proses kognitif seseorang dan membantu otak berkonsentrasi, mengingat, dan kecepatan bekerja.
  1. Menurunkan kolesterol
    Kayu manis mengandung serat, kalsium dan banyak mineral seperti mangan. Oleh karena itu, kayu manis sangat cocok untuk menjaga sistem pencernaan, usus, serta penyakit jantung. Kayu manis juga dapat menurunkan kolesterol. Kalsium dan serat yang terkandung didalamnya dapat menghilangkan kadar garam pada tubuh dan mencegah penyakit kanker usus.
  2. Mencegah pertumbuhan sel kanker
    Pakar penelitian diUniversity of Texasmengatakan bahwa kayu manis dapat meredam proses proliferasi sel kanker. Tidak hanya itu, kayu manis juga menjadi jenis rempah-rempah yang dapat menyembuhkan kanker.
Baca Juga :   makanan penyebab kanker : Hati-hati dengan makanan ini

7. Menghangatkan tubuh
Kayu manis sering digunakan pada pengobatan tradisional China untuk orang yang terkena demam atau influenza. Hal ini dikarenakan kayu manis mengandung zat yang dapat menghatkan tubuh.

 

Sumber lain : 10 kegunaan kayu manis bagi kesehatan

khasiat kayu manis untuk pasien diabetes

Tags : #manfaatkayumanis #khasiatkayumanis #kayumanis

Share This:

Leave a Reply