manfaat sarapan pagi : Inilah yang terjadi jika anda tidak sarapan pagi

Manfaat sarapan pagi. Saya ingat waktu dulu, setiap keluarga yang akan berangkat pergi sekolah atau bekerja pada saat pagi, hidangan serta sarapan sudah tersedia diatas meja. Semua keluarga disuruh melakukan ritual makan pagi ketika hendak pergi  tutur salah satu netizen asal yogyakarta.

Namun akhir-akhir ini banyak sekali masyarakat yang menganggap enteng  tentang sarapan pagi. Mereka mempunyai alasan seperti mual, sibuk, sampai tidak mempunyai waktu untuk sarapan dan akhirnya melewatkan waktu tersebuti. Secara tidak sadar melewatkan sarapan pagi dapat membawa dampak pada tubuh kita.

Baca Juga : 41 Cara menurunkan berat badan anda

sarapan pagi merupakan makanan yang pertama kali masuk ke dalam tubuh kita setelah tidur semalaman, oleh sebab itu usahakan anda jangan melewatkan aktifitas  ini. Pakar gizi disalah satu universitas i India mengatakan “makanan yang dicerna kedalam tubuh anda dapat membantu kebutuhan nutrisi otak , tubuh dan memberikan energi.

Baca Juga :   Tips Menjaga Kebugaran Tubuh Anda Dari Penyakit

Beberapa penelitian menunjukan bahwa mengkonsumi makanan ada pagi hari dapat mempengaruhi sistem kerja metabolisme serta nafsu makan pada siang hari, hal itu disebabkan karena sarapan pagi merupakan tahap awal dimana tubuh mendapatkan asupan energi untuk memulai aktifitas harian anda.

Baca juga : Tolong berhenti diet jika anda melakukan hal ini

Jika Anda terlalu sering melewatkan sarpan pagi hari  dan menggantinya pada saat siang, maka metabolisme tubuh akan jatuh dan bisa dipastikan anda mengalami gangguan konsentrasii dan tubuh terasa lemas.

Berikut 5 manfaat sarapan pagi dan hal yang terjadi jika anda tidak melakukannya

  1. Kelaparan
    Melewatkan momen sarapan pagi tentu dapat membuat Anda kelaparan. Perut yang belum diisi seolah meminta segera diisi makanan. Seorang penulis, Nicole Clancy mencoba untuk tidak sarapan pagi. Hasilnya, tak hanya kelaparan, ia juga merasa tidak sabar, pusing dan merasa ingin marah.
  2. Tidak bergairah
    Tidak sarapan pagi menyebabkan tubuh anda kurang berenergi saat memulai aktivitas harian. Contohnya, biasanya anda dapat berlari selama 90 menit, tetapi ketika anda tidak sarapan hanya 60 menit.
  3. Sulit berkonsentrasi
    Sulit berkonsentrasi juga salah satu efek dari tidak sarapan pagi. Mulai dari menurunnya produktivitas tubuh hingga melupakan hal-hal kecil yang baru saja terjadi.
  4. Overload makan siang
    Jika melewatkan sarapan pagi, anda bisa makan siang lebih dari biasanya atau berlebihan. Rasa ingin mengkonsumsi makanan secara terus menerus dan mengemil akan dirasakan hingga sore hari.
  5. Tidur kurang nyaman
    Akibat tidak sarapan pagi dapat membuat anda makan mendekati waktu tidur. Hal ini mengakibatkan anda sulit tidur karena kekenyangan. Apalagi jika anda mengkonsumsi gula dan kafein. Waktu makan malam yang mundur biasanya dampak dari kebanyakan makan siang
Share This:

Leave a Reply